Home » artikel » Variasi Penggunaan Pintu Lipat

Variasi Penggunaan Pintu Lipat

Saat ini penggunaan pintu lipat sudah sangat banyak, karena pintu jenis ini sangat prakstis untuk digunakan.

Apa  itu pintu lipat

Pintu lipat adalah sebuah pintu yang dapat dilipat kemudian digeserkan ke kanan atau ke kiri ruangan . Ini adalah salah satu desain pintu alternatif yang dapat Anda jadikan sebuah solusi praktis untuk rumah atau bangunan lainnya. Anda dapat menyekat 1 buah ruangan yang berukuran besar, untuk mendapatkan 2 buah ruangan yang berukuran kecil, ketika  Anda membutuhkan ruangan yang lebih besar maka Anda hanya perlu menggeser atau membuka  pintu tersebut.

Pintu lipat ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, namun saat ini pengguna pintu seperti ini sudah sangat banyak. Dahulu pintu seperti ini hanya digunakan untuk hotel, atau gedung lainnya, namun kini penggunaan pintu ini sudah merambah ke rumah tangga.

Pada sebuah gedung seperti hotel atau gedung pertemuan lainnya, maksud digunakannya pintu seperti ini adalah untuk menyekat ruangan yang berukuran besar menjadi 2 buah ruangan yang berukuran kecil. Sedangkan untuk penggunaan di rumah tangga, pintu seperti ini biasanya digunakan untuk menyekat antara ruang tengah dengan halaman belakang.  Hal ini akan menimbulkan efek luas pada ruang tengah, material pintu yang sebaiknya digunakan adalah material kaca. Pintu geser dengan material kaca, akan membuat ruangan seakan menjadi satu namun sebenarnya dipisahkan oleh sebuah pintu.

Fungsi pintu lipat

Pintu lipat sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak, pintu ini dapat dijadikan sebagai pembatas ruangan, atau dapat juga digunakan sebagai pintu.

Pintu jenis ini dapat digunakan oleh siapa saja, baik untuk kebutuhan rumah, hotel, ballroom, atau gedung lainnya. Dengan adanya pintu seperti ini maka akan tercipta sebuah penyekatan terhadap ruang satu dengan yang lain. Sehingga seperti terdapat 2 buah ruang, dan jika dibutuhkan, maka pintu tersebut hanya perlu digeserkan maka kedua ruangan yang telah disekat tersebut dapat mejadi satu ruangan yang lebih besar. Pintu jenis ini sangat praktis untuk digunakan, karena Anda tidak perlu merasa bingung untuk mendapatkan 2 buah ruangan dan 1 buah ruangan yang berukuran besar.

Saat ini penggunaan pintu lipat sudah sangat beragam, terutama untuk kebutuhan rumah tangga. Pintu jenis ini tidak hanya digunakan untuk membatasi ruangan saja, pintu jenis ini dapat digunakan untuk membatasi antara kamar tidur dengan kamar mandi, garasi dengan halaman, ruang tengah dengan halaman belakang, ruang tengah dengan ruang tamu, dan masih banyak lainnya.  Itu sebabnya mengapa pintu geser ini semakin banyak peminatnya.

Material pintu lipat

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada saat ini, material pembuatan pintu lipat sudah sangat beragam, sehingga pengembangan fungsi pintu lipat sebagai penyekat juga beragam, seperti ;

  1. Material alumunium

Material ini yang paling ringan namun juga kokoh, penggunaan material ini paling cocok jika dikombinasian dengan kaca. Hal ini akan membuat kesan luas pada ruangan. Penggunaan material seperti ini sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

  1. Material kayu

Material kayu adalah yang paling umum, penggunaan material kayu ini digunakan oleh banyak orang untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk ballroom, hotel, masjid, atau bahkan untuk rumah tangga. Namun jenis kayu yang akan digunakan tentunya sangat beragam, tergantung budget yang dimiliki. Untuk aksesoris dapat menggunakan cat, wallpaper, dan masih banyak lagi. Namun penggunaan material kayu yang sembarangan, akan megundang rayap.

  1. Material besi dan juga baja

Salah satu material yang digunakan lainnya adalah besi atau baja. Penggunaan material seperti ini tentunya akan lebih kokoh. Anda dapat mengkombinasikannya dengan kaca, kombinasi seperti ini dapat digunakan untuk mempercantik ruangan sekaligus memisahkan ruangan di dalam rumah.  Atau Anda dapat menggunakan keseluruhan material dari besi,  atau baja, cara seperti ini biasanya lebih cocok jika digunakan untuk garasi, atau sebagai penutup garasi.

Jenis – jenis pintu geser

Pintu lipat juga terdiri dari berbagai macam type tergantung dari kebutuhan, seperti ;

  1. Partisi lipat peredam suara

Pintu geser seperti ini dapat Anda gunakan meredam suara yang ditumbulkan dari satu ruangan, agar tidak terlalu terdengar ke ruangan  lainnya. Jenis partisi seperti ini biasanya digunakan di ruang kampus, ballroom, atau gedung lainya.

  1. Partisi lipat kayu

Partisi seperti ini digunakan selain untuk mempercantik ruangan, juga dapat juga agar membuat ruangan terasa semakin praktis. Pintu seperti ini biasanya digunakan di ruangan kantor, gedung pertemuan, ruang kampus, rumah tangga, dll.

  1. Partisi lipat untuk rumah tangga

Partisi untuk rumah tangga biasanya menggunakan material yang terbuat dari alumunium dan juga kaca, hal ini untuk membuat sebuah ruangan terasa lebih luas dan ruangan juga sebagai sekat yang praktis.

  1. Partisi geser untuk garasi

Material pintu lipat yang digunakan bisa 2 macam yaitu kayu atau besi, kedua material ini tentunya akan membuat penampilan garasi Anda semakin cantik, dan juga prakstis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *