Home » artikel » Mengenal Jenis Pintu Lipat Dan Partisi Geser Dalam Sebuah Ruangan

Mengenal Jenis Pintu Lipat Dan Partisi Geser Dalam Sebuah Ruangan

Pintu lipat adalah pintu yang dapat dilipat ketika dibuka sama halnya dengan partisi geser. Anda tentu sudah pernah melihat model pintu-pintu tersebut. seperti di sebuah ruangan besar semacam aula, gedung serba guna, bahkan auditorium. Umumnya, model pintu untuk sebuah ruangan hanya dapat dibuka dan ditutup dengan membentuk sudut sembilan puluh derajat atau seratus delapan puluh derajat. Untuk model pintu dua sisi, maka kedua daun pintu tidak dapat saling berhimpit karena memang bukan model lipat. Seiring dengan perjalanan waktu, produsen pintu pun mengembangkan model pintu yang akan mampu membuat sebuah ruangan menjadi terlihat menarik. Dikenal sebagai pintu yang dapat dilipat dan juga ada pula yang dapat digeser. Untuk lebih jelasnya mengenai pintu partisi yang semakin dilirik, maka simaklah berikut ini.

Fungsi Model Pintu Dalam Sebuah Ruangan

Dua model pintu yang sudah disebutkan di atas sama-sama memiliki fungsi yang sama. Umumnya, berfungsi untuk memisahkan antara ruangan yang satu dengan lainnya. Sebagai contoh dalam sebuah gedung yang memiliki sebuah ruangan sangat luas. Kemudian berencana hendak memisahkan keduanya, namun sewaktu-waktu jika memang dibutuhkan untuk acara besar, dapat disatukan kembali menjadi satu ruangan. Untuk itu dalam hal ini Anda tepat untuk memilih pemasangan pintu lipat. Fungsi lainnya adalah untuk menunjukkan gaya interior yang mempertimbangkan nilai estetika dalam sebuah ruangan. Bahkan terbilang lebih efektif ketika Anda memang ingin menyekat ruangan, biasanya yang menggunakan tembok atau dinding seperti triplek, maka gantilah dengan menggunakan pintu partisi ini. Tidak hanya fungsi-fungsi yang telah disebutkan, Anda pasti akan dapat menemukan fungsi dari pintu partisi model lipat ini ketika memang ingin memasangnya di sebuah ruangan tertentu.

Bahan Yang Digunakan Dalam Pintu Partisi

Sebenarnya setiap produsen pintu partisi memiliki bahan utama yang diunggulkan. Namun tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pemasangan pintu partisi geser. Seperti bahan pintu yang menggunakan jenis rel dari logam alumunium yang dilengkapi dengan dua buah roda dalam setiap bagian panel pintu yang ada. Atau dapat juga menggunakan jenis rel dari logam besi yang hanya dilengkapi sebuah roda dalam setiap bagian panel pintu partisi. Tentu untuk jenis bahan dari pintu partisi tersebut disesuaikan dengan permintaan Anda ataupun konsumen yang ingin melakukan pemasangan pintu partisi dalam sebuah ruangan.

Kelebihan Masing-masing Model Pintu

Meskipun memiliki fungsi yang sama, tetap saja dalam pintu partisi memiliki kelebihan masing-masing. Kelebihan yang dimiliki oleh model pintu yang dilipat adalah bagian panel akan searah dengan rel. Penyimpanan bagian pintu yang terlipat tersebut pun terletak di samping. Terdapat stucking yang memang dikhususkan agar lebih mempermudah pintu dibelokkan dan disimpan. Sedangkan kelebihan yang dimiliki oleh model pintu yang digeser adalah mengutamakan pada pemasangan rel atas. Rel atas yang dipasang dalam model pintu tersebut akan membuat partisi memiliki penumpu yang kuat di bagian rel atas.

Sistem Yang Disematkan Dalam Model Pintu Partisi

Tidak sekadar memasang pintu untuk model pintu partisi. Produsen pintu jelas sudah memiliki mekanisme pemasangan pintu partisi dengan sistem yang dikenal dengan sistem sliding. Sistem sliding menjadi sistem yang tinggal didorong atau tinggal ditarik ketika pintu partisi hendak dibuka.

Pintu Yang Berbeda Dari Pintu Biasa

Sebuah ruangan yang memiliki model pintu partisi baik yang lipat maupun geser, sudah pasti akan membuat menjadi menarik. Jelas karena pintu tentu terlihat janggal dapat dilipat atau digeser antara daun pintu yang satu dengan daun pintu yang lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa pintu model partisi adalah pintu yang berbeda. Dari segi estetika sudah jelas. Dari segi bahan juga berbeda dari jenis bahan pada pintu biasa. Dari segi interior dan arsitektur dapat dikatakan lebih berkelas untuk tampilan sebuah ruangan. Karena memang dari cara membuka dan menutupnya pun terbilang tidak biasa.

Jika Anda sudah semakin mantap untuk memilih pemasangan model pintu partisi, maka satu hal lain yang tidak boleh dilupakan. Yaitu, memilih jasa pemasangan pintu partisi yang dapat bekerja secara profesional. Profesional dalam melayani Anda sebagai konsumen. Mau dan mampu menerangkan setiap model pintu partisi serta bahan yang ada. Sekaligus mampu memberikan rekomendasi terbaik bahan apa yang memang tepat dipasang dalam ruangan yang ingin Anda pasang pintu partisi tersebut. Kemudian jasa pemasangan pintu partisi juga mampu memasang dalam waktu yang singkat dan baik. Untuk dapat memilih jasa pemasangan pintu partisi yang dapat Anda percaya, maka harus tahu latar belakang jasa tersebut juga seberapa banyak pelanggan yang mengandalkan pekerjaan dari sang saja pemasangan pintu partisi. Jadi, Anda pun akan mantap untuk melakukan pemasangan pintu lipat pada jasa pemasangan pintu partisi geser.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *